- Memahami sifat yang dimiliki siswa.
- Mengenal siswa secara individu.
- Memanfaatkan perilaku siswa dalam pengorganisasian belajar.
- Mengembangkan kemampuan berfikir kritis, kreatif, percaya diri dan kemampuan memecahkan masalah.
- Mengembangkan ruang kelas sebagai lingkungan belajar yang menarik.
- Memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar.
- Memberikan umpan balik yang bertanggung jawab untuk meningkatkan kegiatan belajar mengajar.
- Membedakan antar aktif fisik dan aktif mental.
Penggunaan model pembelajaran ARIAS perlu dilakukan sejak awal, sebelum guru melakukan kegiatan pembelajaran di kelas. Model pembelajaran ini digunakan sejak guru atau perancang merancang kegiatan pembelajaran. Rencana pembelajaran sebagai pedoman guru disusun sedemikian rupa, sehingga rencana pembelajaran ini sudah mengandung komponen-komponen ARIAS. Artinya dalam rencana pembelajaran tersebut sudah tergambar usaha/kegiatan yang akan dilakukan untuk menanamkan rasa percaya diri pada siswa, mengadakan kegiatan yang relevan, membangkitkan minat/perhatian siswa, melakukan evaluasi dan menumbuhkan rasa dihargai/bangga pada siswa.
Posting Komentar